Subscribe Us

Semangat Mahasiswa Berwirausaha dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia


DISKUSIKEHIDUPAN.com - Mendikbud Nadiem Anwar Makarim beberapa waktu yang lalu mempresentasikan Peta Jalan Pendidikan Indonesia tahun 2020-2035 dalam agenda rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di Jakarta. Mendikbud menyampaikan gagasannya untuk meningkatkan relasi mahasiswa dengan dunia kerja melalui program Kampus Merdeka. Program tersebut memberi peluang sebesar-besarnya kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama tiga semester, salah satunya dengan berwirausaha.



BACA JUGA : Rilis Hasil Survei, Kemendikbud: Orang Tua Memegang Peranan Penting dalam Pelaksanaan Belajar dari Rumah

Menurutnya, mahasiswa niscaya mendapat pengalaman dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI) selama belajar di perguruan tinggi. Dengan demikian, konsep link and match antara perguran tinggi dan DUDI diharapkan dapat cepat terwujud, di mana lulusan perguruan tinggi dapat berkontribusi terhadap DUDI dan pertumbuhan ekonomi. Relevansi kualitas lulusan dengan dunia industri pun niscaya harus ditingkatkan.



Terhadap gagasan Mendikbud tersebut, DPR RI telah memberikan apresiasinya. Proyek mandiri dan proyek kemanusiaan bagus untuk menjadi terobosan agar mahasiswa-mahasiswa di Indonesia semakin dekat dengan dunia usaha. Mahasiswa dapat dimotivasi agar memiliki bisnis model yang bisa dikembangkan seperti proyek-proyek yang sesuai dengan dengan minat dan bakat mereka.

BACA JUGA : Memahami Multiple Intelligences Dari Para Ahli
 
Namun demikian, Mendikbud harus memiliki strategi untuk memastikan program Kemendikbud dapat berjalan sesuai rencana. Utamanya menyangkut bagaimana supaya kebijakan Merdeka Belajar ini tidak berganti-ganti seiring dengan pergantian menteri, presiden dan lain sebagainya. Dengan demikian, Kemendikbud harus memiliki dasar hukum untuk mengimplementasikan Peta Jalan Pendidikan dan menjaga konsistensinya kebijakan ini di tahun-tahun mendatang.




Untuk menyiapkan piranti hukum tersebut, Mendikbud akan segera merevisi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) sebagai langkah awal untuk menyukseskan pelaksanaan Peta Jalan Pendidikan dari pemerintah pusat hingga ke tingkat pelaksana.

BACA JUGA : Ayo Dimanfaatkan, Akses Gratis Materi Pengayaan Belajar dari Rumah Untuk PAUD Hingga Kegiatan Remaja

Peta Jalan Pendidikan diharapkan dapat terimplementasi tahapannya secara detil dari tahun ke tahun. Peta Jalan ini harus terintegrasi secara utuh dan didefinisikan dengan baik dalam revisi UU Sisdiknas.

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/paparkan-rancangan-peta-jalan-pendidikan-upaya-kemendikbud-ciptakan-wirausahawan-muda-diapresiasi





Post a comment

0 Comments