Subscribe Us

Mengelola Emosi Orangtua saat Bekerja Sekaligus Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah

DISKUSIKEHIDUPAN.com – Serangan pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu memunculkan kegelisahan bagi banyak orang. Perubahan kehidupan yang begitu drastis dari sisi aktivitas sosial, bekerja, dan aktivitas lainnya yang juga berdampak pada menurunnya penghasilan keluarga, membuat kita butuh waktu untuk beradaptasi.

Mengelola Emosi Orangtua saat Bekerja Sekaligus Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah





Menghadapi masa sulit ini, orangtua harus mampu mengelola emosi dengan baik agar tidak berdampak pada anak anak. Dengan alasan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, maka banyak perusahaan yang menerapkan kerja dari rumah (KDR). Kebijakan ini berbarengan dengan sekolah yang menerapkan belajar dari rumah (BDR). Dua realitas ini pada satu sisi menjadi realitas baru yang meniscayakan kreatifitas dan inovasi pembelajaran di rumah. Namun demikian, realitas tersebut seringkali juga memancing persoalan baru.

BACA JUGA : Memahami Cara Mendidik Anak di Era Digital Agar Tidak Salah Asuh

Sering terjadi, orangtua yang bekerja dari rumah, merasa “terganggu” oleh anak-anak mereka sendiri. Bahkan, pada saat yang sama beban tanggung jawab orangtua bertambah. Selain harus menyelesaikan pekerjaannya, juga harus mendampingi anak-anak belajar pada saat yang sama. Kondisi ini sering memancing emosi para orangtua, dan akhirnya anak yang menjadi korbannya.



Pada titik ini, orangtua niscaya berbagi peran masing-masing, sehingga kondisi yang tidak diinginkan dapat dicegah sejak dini. Suami dan istri niscaya berkomunikasi, mendiskusikan tentang mengelola pekerjaan dari rumah, dan sekaligus mendampingi anak belajar dari rumah.

Dengan berbekal komunikasi dan kesepakatan untuk berbagai peran orangtua di ruma selama masa pandemi, maka baik suami maupun istri tidak akan mudah capai sehingga emosi lebih stabil. Jika terdapat percikan ketegangan hubungan dalam keluarga, segera lakukan buka komunikasi secara jujur untuk mencari solusi bersama.

BACA JUGA : Tujuh Langkah Menjadi Orangtua Shalih Ala Abah Ihsan

Para orangtua juga niscaya mengatur psikologis masing-masing, jika merasa lelah, letih, dan tidak nyaman, cobalah untuk melakukan relaksasi sebentar untuk menenangkan diri. Pilih cara relaksasi yang paling digemari agar lebih cepat merasa nyaman. Menjauhlah dari anak-anak saat merasa emosi mulai naik. Dan sapalah kembali anak-anak kita jika kita sudah siap.



Post a comment

0 Comments