Subscribe Us

Mendidik Anak Berteman Dengan Buku

Mendidik Anak Berteman Dengan Buku
Mendidik Anak Berteman Dengan Buku

DISKUSIKEHIDUPAN.com – Anak-anak sejak dini perlu diakrabkan dengan buku. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kedekatan anak dengan buku-buku. Selain sebagai stimulus bagi anak agar gemar membaca, juga akan memberikan manfaat lainnya bagi perkembangan anak.

Diantara manfaat lainnya adalah menambah wawasan anak. Dengan wasilah buku dan pendampingan orangtua, anak-anak akan memperoleh berbagai ilmu dan pengetahuan dengan mudah. Dalam banyak hal, para orangtua tidak perlu mengajak anaknya untuk melihat suatu objek secara langsung untuk mendapatkan pengetahuan tentangnya. Anak-anak cukup melihat obyek tersebut melalui buku, dan di sini perang orangtua sangat penting dalam membimbing dan bercerita kepada anak-anak.


Di zaman modern ini, telah muncul inovasi buku yang dilengkapi fitur augmented reality. Buku-buku semacam ini dihadirkan untuk memberi warna berbeda pada proses membaca sebab memadukan tulisan dan gambar pada buku dengan “gambar hidup” empat dimensi yang bisa diakses dengan ponsel atau tablet. Dengan buku berteknologi semacam ini, anak yang asyik membaca bersama orangtua akan mendapatkan banyak kejutan lewat gambar pop-up dan suara-suara.

Ragam interaksi dalam buku juga akan membantu meningkatkan daya imajinasi anak. Misalnya, orang tua ingin bercerita tentang ikan paus. Susah kan ketemu ikan paus? Maka bisa cerita lewat buku. Lalu, bisa juga mengenalkan berbagai hal tanpa membahayakan anak. Contohnya, mengenalkan bahwa buaya bisa menggigit. Di sini orangtua bisa bercerita banyak.

BACA JUGA : Nirteladan Para Artis Pecandu Narkoba

Langkah ini juga dapat digunakan untuk melatih anak agar menghargai buku. Jadi, anak dapat memperlakukan buku dengan lebih baik. Mereka tidak lagi menganggap buku hanya sebatas kertas yang memiliki tulisan dan gambar. Selain itu, orang tua juga dapat mengenalkan judul ada di mana, penerbitnya apa, dan halamannya. Lalu, mengajarkan cara membuka halaman buku secara halus. Ini sekaligus meningkatkan koordinasi motorik halus anak.

Disarikan dari : https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id



Post a comment

0 Comments