Subscribe Us

Nirteladan Para Artis Pecandu Narkoba




Nirteladan Para Artis Pecandu Narkoba

DISKUSIKEHIDUPAN.com – Di tengah pandemi Covid-19 yang telah melanda negeri ini, tersiar kabar memilukan bahwa terdapat artis yang terjerat kasus narkoba. Kasus ini semakin menambah panjang daftar para artis yang terjerumus dalam lembah hitam narkoba.

Yang terbaru adalah kasus artis senior Tio Pangkusadewo, pemain sinetron Ganteng-Ganteng Serigala Reza Alatas, dan artis FTV Naufal Samudra. Kasus tiga artis itu kini masih dalam proses pemeriksaan pihak kepolisian, namun informasinya telah viral di berbagai media online.

Nirteladan Para Artis Pecandu Narkoba
Nirteladan Para Artis Pecandu Narkoba [sumber gambar : mmc.tirto.id]



Kasus narkoba di Indonesia sudah sangat menghawatirkan. Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam situs resminya (https://bnn.go.id) merilis data bahwa sejak tahun 2012 hingga sekarang (15 April 2020) terdapat 15.278 kasus narkoba, dan 20.575 tersangka kasus narkoba.


BACA JUGA: Darurat Narkoba Para Artis dan Penggemarnya

Jumlah ini tentu sangat fantastis dan mengejutkan kita bersama, dan bahwa negara ini telah darurat narkoba. Yang sangat mencengangkan adalah bahwa beberapa tersangka kasus narkoba justru adalah seorang public figure (artis). Beberapa artis yang disebut di atas, adalah sedikit dari daftar panjang yang ada.



Di satu sisi, pengungkapan berbagai kasus itu menjadi bukti bahwa gerakan pemberantasan narkoba di Indonesia cukup massif. Namun, melihat banyaknya tersangka dari kalangan public figure, telah menyisakan keprihatinan tersendiri.

BACA JUGA: Darurat Narkoba Mengancam Generasi Bangsa

Mereka telah menjadi “idola” masyarakat, sebagian bahkan diidolakan oleh anak-anak. Fakta itu juga membuktikan bahwa tontonan tidak selalu berbanding lurus dengan tuntunan. Mereka-mereka yang ditonton dan diidolakan namun terjerat kasus narkoba telah menodai kepercayaan masyarakat bahwa mereka adalah panutan.



Bagaimana tidak?, lihat saja orang-orang yang mengidolakan seorang artis. Secara sadar, perlahan maupun frontal, berbagai gaya hidupnya akan menduplikasi gaya dari sang idola. Mulai dari cara berpakaian, hingga berbicara. Foto-foto sang idola pun terpajang rapi di dinding kamar, tersimpan di gadget, bahkan terbawa dalam mimpi. Sang idola seketika telah menjelma menjadi panutan.

Kepercayaan yang terlanjur tertanam itu tiba-tiba tercerabut begitu saja. Kemungkinannya para fans berat para artis itu akan kecewa, sakit hati, lalu berpindah mengidolakan atris lainnya. Namun, bagaimana jika para fans tetap saja mengidolakan mereka karena "cinta"nya terlanjur tertanam begitu dalam?



BACA JUGA: 9 Pedoman Mendidik Anak di Era Digital

Kita patut khawatir jika pada fans itu turut terjerumus karena mengikuti gaya hidup sang idola, termasuk dalam hal mengonsumsi narkoba. Maka, sepertinya tidak berlebihan jika kita menyatakan bahwa telah terjadi Nirteladan Para Artis Pecandu Narkoba.

Indonesia sedang tidak baik-baik saja, kasus narkoba yang telah menggurita generasi bangsa, menjadi persoalan genting yang niscaya kita selesaikan bersama. Mari kita jaga anak-anak kita, mari kita jaga keluarga kita, mari kita jaga tetangga kita, mari kita jaga saudara-saudara se-bangsa kita, mari kita jaga Indonesia kita.



Post a comment

0 Comments