Subscribe Us

Catat, Ini Daftar Layanan Internet Gratis Untuk Belajar Di Rumah


Catat, Ini Daftar Layanan Internet Gratis Untuk Belajar Di Rumah

DISKUSIKEHIDUPAN.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kemitraan dengan beberapa provider telekomunikasi swasta guna menyukseskan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan platform teknologi selama masa darurat Coronavirus Disease (Covid-19).





Para operator telekomunikasi yang telah bekerja sama tersebut memfasilitasi kegiatan belajar-mengajar jarak jauh secara daring (dalam jaringan) dengan memberikan akses internet gratis kepada pelajar, guru, dan dosen. Subsidi data yang diberikan operator telekomunikasi itu diharap membantu pelajar maupun pendidik untuk belajar, sehingga tetap produktif di rumah. Tantangan pembelajaran daring dalam darurat Covid-19 ini sangat besar. Dalam situasi yang tidak mudah ini, tidak semua pembelajaran daring yang dilakukan sekolah akan optimal.


BACA JUGA : Ini Syarat Kelulusan Siswa Setelah UN 2020 Dibatalkan

Tidak semua daerah punya akses smartphone ataupun koneksi internet yang baik. Jadi ini merupakan suatu hal yang menantang. Sehingga, perlu komitmen untuk terus meningkatkan kerja sama agar dapat dipastikan sekolah bisa menyelenggarakan pembelajaran daring.





Beberapa operator yang memberikan layanan internet gratis tersebut adalah Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata.

Indosat Ooredoo memberikan kuota gratis 30GB yang dapat digunakan untuk mengakses platform belajar online. Kuota internet gratis ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses ke lebih dari 60 platform e-learning dan situs-situs resmi dari Universitas-universitas di Indonesia. Indosat Ooredoo juga bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang menggunakan solusi Indosat Ooredoo Business dengan menyediakan tambahan kapasitas bandwidth secara gratis.


BACA JUGA : Semua Sekolah Itu Unggul dan Menjadi Tempat Unggulan Untuk Belajar

Telkomsel menggandeng beberapa aplikasi e-learning untuk menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia hingga 30GB tanpa biaya bagi pelanggan prabayar maupun paskabayar Telkomsel untuk mengakses platform belajar daring. Saat ini sebanyak 39 learning management system (LMS) perguruan tinggi telah terkoneksi dengan Ilmupedia dan menyusul LMS dari 92 perguruan tinggi lain dalam waktu dekat.





Para pelanggan XL Axiata yang merupakan mahasiswa, pelajar, ataupun dosen dan guru juga bisa memanfaatkan kuota gratis 2GB/hari untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 18 s.d. 31 Maret 2020. Pelanggan dapat mengakses materi kuliah daring yang disediakan kampus atau sejumlah aplikasi edutech yang telah berkolaborasi. Sebanyak 14 perguruan tinggi telah terlibat dan menyusul segera untuk aplikasi LMS Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang menaungi e-learning dari 242 Perguruan Tinggi.

BACA JUGA: COVID-19, Dari Candaan, Isu Konspirasi, Hingga Kepanikan Kita

Selain Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata, Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud juga mencatat dukungan operator Tri Indonesia dan Telkom dalam penyediaan subsidi data untuk mengakses berbagai aplikasi maupun situs pembelajaran. Subsidi ini dimaksudkan agar para pelajar dan pendidik dapat terus produktif di masa darurat Covid-19.

Selain menjalin kerja sama di atas, Kemdikbud juga menyiapkan portal online khusus terkait dengan penanganan Covid-19 di sektor pendidikan dan kebudayaan melalui laman https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/.

Masyarakat dapat menemukan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di rumah. Dalam portal tersebut juga terdapat surat edaran, panduan, serta kumpulan informasi, video, dan infografik yang dapat membantu edukasi pencegahan penularan Covid-19.





Post a comment

0 Comments