Subscribe Us

Silakan Download, Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2020

Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2020

Silakan Download, Pedoman KIP Kuliah 2020

DISKUSIKEHIDUPAN.com - Penantian panjang masyarakat tentang kepastian informasi seputar KIP Kuliah kini perlahan mulai terjawab. Baru saja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2020. Pedoman yang dirilis pada 25 Februari 2020 itu dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat.

BACA JUGA : Tenang, Siswa Miskin Tanpa KIP Bisa Daftar SNMPTN Sekaligus KIP Kuliah Kok




Pedoman tersebut dibagikan dalam format *.PDF sehingga mudah diakses dan dibaca. Tebalnya hanya 15 halaman dan dikemas dalam bahasa yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi dan info grafis agar lebih mudah dipahami.

Beberapa informasi penting dalam pedoman tersebut diantara tentang persyaratan penerima KIP Kuliah. Syarat pertama adalah bahwa penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya. Syarat kedua, memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sahSyarat ketiga adalah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

BACA JUGA : Pendaftaran KIP-Kuliah Dimulai Awal Maret 2020



Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Dalam hal mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Keputusan akhir penerima akan diambil oleh perguruan tinggi masing-masing.

Informasi selengkapnya silakan Download Pedoman KIP Kuliah 2020 dengan klik tombol di bawah ini :



Unduh Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2020



Post a comment

0 Comments