Subscribe Us

Waspadalah Jika Anak Terlambat Bicara



Waspadalah Jika Anak Terlambat Bicara

DISKUSIKEHIDUPAN.com - Pada diskusi kita sebelumnya, telah dibahas tentang perkembangan kemampuan bicara pada anak. Jika belum sempat membaca, silakan akses link berikut ini agar pemahaman kita dapat lebih sistematis dan terstruktur dengan baik.




Dari beberapa tulisan di atas, kita akan dapat memahami bagaimana perkembangan bicara bayi sampai pada usia balita. Terlihat sekali betapa rumitnya perkembangan bicara tersebut. Hal ini dikarenakan kemampuan bicara menyangkut pemahaman terhadap apa yang dikatakan orang lain dan kemampuan bicara dalam cara yang dipahami orang lain, mau tidak mau terdapa banyak bahaya yang mungkin saja terjadi dalam perkembangan ini.

Apabila bahaya tersebut tidak dapat diketahui, dicegah, atau diperkecil, maka kemampuan anak berbicara tidak akan berkembang dengan baik. Dengan demikian maka menjadi penting pemahaman orangtua tentang bahaya-bahaya tersebut, sekaligus juga cara-cara mencegah bahaya itu muncul. Bebarapa bahaya yang mungkin timbul dalam perkembangan bicara anak :



  Gangguan bahasa espresif  

Yaitu gangguan kemampuan mengekspresikan bahasa pada anak atau kemampuan anak yang berada di bawah kemampuan yang diharapkan dalam hal perbendaharaan kata, pemakaian keterangan waktu, dan penggunaan kalimat.





  Gangguan bahasa reseptif  

Yaitu gangguan kemampuan dalam memahami bahasa yang diterimanya. Gangguan ini biasanya juga diikuti oleh gangguan bahasa espresif, karena secara otomatis jika anak tidak bisa memahami bahasa yang dipergunakan oleh pengasuhnya atau orang disekitar lingkungannya maka anak akan mengalami kesulitan dalam mengekspresikan bahasanya.


  Keterlambatan Bicara  

Yaitu tingkat perkembangan bicara anak di bawah kualitas perkembangan anak yang umurnya sama. Hal ini dapat diketahui dari ketepatan anak dalam menggunakan kata.

Beberapa penyebab gangguan/keterlambatan bicara anak diantaranya adalah : gangguan pendengaran, autisme, retardasi mental (keterbelakangan mental), gangguan perkembangan multisistem, dan genetik (keturunan).




Selain itu, beberapa hal yang perlu diwaspadai dalam masa perkembangan bicara anak adalah sebagai berikut :

  Usia 6 bulan  
Bayi tidak melirik atau menoleh pada sumber suara yang datang dari belakang atau samping.

  Usia 10 bulan  
Bayi tidak merespons bila dipanggil namanya

  Usia 15 bulan  
Anak tidak mengerti atau merespon terhadap kata (tidak, salam, atau botol)

  Usia 18 bulan  
Anak tidak dapat mengucapkan 10 kata

  Usia 21 bulan  
Anak tidak merespon terhadap perintah (duduk, kemari, atau berdiri)

  Usia 24 bulan  
Anak tidak dapat menunjuk dan menyebutkan bagian tubuh (mulut, hidung, mata, dan kuping).







Post a comment

0 Comments