Subscribe Us

Anak Berkebutuhan Khusus, Yuk Kenali dan Sapa Mereka

Anak Berkebutuhan Khusus, Yuk Kenali dan Sapa Mereka


Anak Berkebutuhan Khusus, Yuk Kenali dan Sapa Mereka


DISKUSIKEHIDUPAN.com. – Mungkin sebagian dari kita mempunyai keluarga, tetangga, atau pun teman yang memiliki anggota keluarga yang berkebutuhan khusus. Butuh hati yang benar-benar tulus untuk sepenuhnya ‘menerima mereka’. Mengapa demikian, karena banyak ditemukan orangtua, keluarga, maupun lingkungan yang tidak mampu menerima ‘mereka’ dengan sepenuhnya. 

Beberapa bahkan menjauhi karena dianggap menular, atau hanya untuk menjaga ‘keamanan’ karena khawatir cidera karena beberapa anak berkebutuhan khusus sering tak terkendali, dan akhirnya melukai orang lain. Kekhawatiran itu seringkali muncul karena tidak disertai dengan pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus, sehingga asumsi negatif terhadap anak berkebutuhan khusus lebih dominan daripada yang positif.




Dalam tulisan kali ini, admin DISKUSIKEHIDUPAN.com ingin mengajak pembaca untuk memahami mereka yang dianugerahi memiliki kebutuhan khusus. Iya…., dari istilahnya saja kita pasti memahami, mereka adalah orang memiliki kebutuhan khusus karena diciptakan oleh Sang Pencipta dengan ‘kekhususan’. Bahkan dalam KBBI, ‘khusus’ berarti istimewa.

BACA JUGA : Waspadalah Jika Anak Terlambat Bicara

Sebelum kita berdiskusi panjang tentang anak berkebutuhan khusus, ada baiknya kita menyamakan pemahaman tentang definisi dari anak berkebutuhan khusus. 

Anak berkebutuhan khusus adalah individu-individu yang mempunyai karakteristik yang berbeda dari individu lainnya yang dipandang “normal” oleh masyarakat pada umumnya. Secara lebih khusus anak berkebutuhan khusus menunjukkan karakteristik fisik, intelektual, dan emosional yang lebih rendah atau lebih tinggi dari anak normal sebayanya atau berada di luar standar normal yang berlaku di masyarakat. Sehingga mengalami kesulitan dalam meraih sukses baik dari segi sosial, personal, maupun aktivitas pendidikan (Bachri,2010). 

Kekhususan yang mereka miliki menjadikannya memerlukan pendidikan dan layanan khusus untuk mengoptimalkan potensi dalam diri mereka secara sempurna (Hallan dan Kauffman 1986, dalam Hadis, 2006).

Heward (2003) mendefinisikan anak berkebutuhan khusus sebagai anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi , atau fisik. Definisi tentang anak berkebutuhan khusus juga diberikan oleh Suran dan Rizzo (dalam Semiawan dan Mangunson, 2010) anak berkebutuhan khusus adalah anak yang secara signifikan berbeda dalam beberapa dimensi yang penting dari fungsi kemanusiaannya. 

BACA JUGA : Ini Ciri-ciri Anak dengan Autisme

Mereka yang secara fisik, psikologis, kognitif, atau sosial terlambat dalam mencapai tujuan-tujuan atau kebutuhan dan potensinya secara maksimal, meliputi mereka yang tuli, buta, gangguan bicara, cacat tubuh, retardasi mental, gangguan emosional, juga anak-anak berbakat dengan inteligensi tinggi termasuk kedalam kategori anak berkebutuhan khusus karena memerlukan penanganan dari tenaga profesional terlatih. 




Mangunsong (2009), menyebutkan penyimpangan yang menyebabkan anak berkebutuhan khusus berbeda terletak pada perbedaan ciri mental, kemampuan sensori, fisik dan neuromoskuler, perilaku sosial dan emoional, kemampuan berkomunikasi, maupun kombinasi dua atau tiga dari hal-hal tersebut. 

Berdasarkan beberapa definisi yang telah diberikan oleh para tokoh di atas, anak berkebutuhan khusus dapat didefinisikan sebagai individu yang memiliki karakteristik fisik, intelektual, maupun emosional, di atas atau di bawah rata-rata inividu pada umumnya.

Konsep anak berkebutuhan khusus (children with special needs) memiliki makna dan spektrum yang lebih luas dibandingkan dengan konsep anak luar biasa (exceptional children). Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang secara pendidikan memerlukan layanan yang spesifik yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Anak berkebutuhan khusus ini memiliki apa yang disebut dengan hambatan belajar dan hambatan perkembangan (barier to learning and development).

Untuk lebih memahamkan, berikut disajikan ilustrasinya.

Andika adalah seorang anak yang berusia 7 tahun dan duduk di kelas 1 Sekolah Dasar. Andika memiliki kelainan fisik yaitu jari-jari tangan kirinya hanya 4 buah. Sebuah kecelakaan menyebabkan ibu jarinya harus dipotong (amputasi), sehingga Andika termasuk anak yang memiliki kecacatan yaitu jari. Andika tidak memerlukan bantuan khusus dalam proses pembelajaran di sekolah dan sosialisasi di lingkungannya. 


Di lain pihak ada seorang anak bernama Amanda usia 7 tahun, dia secara fisik (kesan lahiriah) terlihat tidak berbeda dengan anak-anak lain sebayanya, tetapi setelah masuk kelas mengikuti proses pembelajaran, Amanda terlihat bingung dan selalu ketinggalan dalam prestasi belajar dengan teman-temannya, bahkan tidak mampu mengikuti proses pembelajaran di kelas. Ternyata Amanda memang tidak mampu mengikuti proses pembelajran seperti teman-temannya, Amanda memerlukan cara atau metode tersendiri (khusus) dalam mengikuti proses pembelajarannya. Setelah mendapatkan layanan pembelajaran tersendiri sesuai dengan keadaannya, Amanda dapat mencapai prestasi belajar rata-rata kelas.

    Dari dua ilustrasi tersebut yaitu Andika dan Amanda maka untuk memahami anak berkebutuhan khusus berarti kita mesti melihat adanya berbagai perbedaa bila dibandingkan dengan keadaan normal, mulai dari keadaan fisik sampai mental, dari anak cacat sampai anak berbakat intelektual. Perbedaan untuk memahami anak berkebutuhan khusus dikenal ada 2 hal yaitu interindividual dan intraindividual.

1. Perbedaan Interindividual

Berarti membandingkan keadaan individu dengan orang lain dalam berbagai hal, diantaranya perbedaan keadaan mental (kapasitas kemampuan intelektual), kemampuan panca indera (sendory), kemampuan gerak motorik, kemampuan komunikasi, perilaku sosial, dan keadaan fisik.




Perkembangan akhir-akhir ini adanya perbedaan dalam pencapaian prestasi belajar siswa dalam berbagai mata pelajaran. Hal ini dimungkinkan dengan adanya standar kompetensi yang harus dimiliki siswa untuk setiap tingkat atau level kelas yang telah dirumuskan secara nasional. Standardisasi alat ukur untuk setiap mata pelajaran pada setiap tingkat kelas memang harus segera diadakan sesuai dengan kurikulum yang telah disusun (curriculum-based asssesment). Jika memang prestasi anak berada jauh di bawah standar kelulusan, maka dimungkinkan anak ini masuk kelompok anak berkebutuhan khusus. 

    Selain perbedaan dalam prestasi akademik, juga perbedaan kemampuan akademik. Untuk mengetahui kemampuan akademik ini biasanyadigunakan tes kecerdasan yang dapat mengukur potensi kemampuan intelektual yang dinyatakan dengan satuan IQ. Secara teoritis keadaan populasi IQ anak akan mengikuti kurve normal, dimana anak yang memiliki IQ pada posisi ekstrim -2 dan +2 standar deviasi kurve normal, maka perlu diperhatikan sebagai anak berkebutuhan khusus. Perbedaan ini tidak sekedar berbeda dengan rerata normal, tetapi perbedaan yangsignifikan, sehingga anak tersebut memang memerlukan praktek pendidikan dan pengajaran khusus untuk mengembangkan potensinya secara optimal.

2. Perbedaan Intraindividual

    Adalah suatu perbandingan antar potensi yang ada dalam diri individu itu sendiri, perbedaan ini dapat muncul dari berbagai aspek meliputi inte;ektual, fisik, psikologis, dan sosial. Sebagai ilustrasi, ada seorang siswa yang memiliki prestasi belajar sangat cemerlang tetapi dia sangat tidak disenangi oleh teman-temannya karena dia bersifat tertutup dan individualis, dan sulit diajak kerja sama. Dari gambaran tersebut maka dapat dibandingkan antara kemampuan intelektual dan kemampuan sosial bahwa siswa tersebut cukup signifikan, sehingga siswa tersebut memerlukan treatment atau perlakuan khusus agar peotensinya dapat berkembang optimal. 

Selain masalah perbedaan, ada beberapa terminologi yang dapat digunakan untuk memahami anak berkebutuhan khusus antara lain:

1.    Impairment
Merupakan suatu keadaan atau kondisi di mana individu mengalami kehilangan atau abnormalitas psikologis, fisiologis atau fungsi struktur anatomis secara umum pada tingkat organ tubuh. Contoh seseorang yang mengalami amputasi satu kakinya, maka dia mengalami kecacatan kaki.

2.    Disability
Merupakan suatu keadaan di mana individu mengalami kekurangmampuan yang dimungkinkan karena adanya keadaan impairment seperti kecacatan pada organ tubuh. Contoh pada orang yang cacat kakinya, maka dia akan merasakan berkurangnya fungsi kaki untuk melakukan mobilitas.

3.    Handicaped
Merupakan suatu keadaan di mana individu mengalami ketidakmampuan dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Hal ini dimungkinkan karena adanya kelainan dan berkurangnya fungsi organ individu. Contoh orang yang mengalami amputasi kaki sehingga untuk aktivitas mobilitas atau berinteraksi dengan lingkungannya dia memerlukan kursi roda.

Termasuk anak-anak berkebutuhan khusus yang sifatnya temporer di antaranya adalah anak-anak penyandang post traumatic syndrome disorder (PTSD) akibat bencana alam, perang, atau kerusuhan, anak-anak yang kurang gizi, lahir premature, anak yang lahir dari keluarga miskin, anak-anak yang mengalami depresi karena perlakukan kasar, anak-anak korban kekerasan, anak yang kesulitan konsentrasi karena sering diperlakukan dengan kasar, anak yang tidak bisa membaca karena kekeliruan guru mengajar, anak berpenyakit kronis, dsb.


sumber bacaan :

  1. http://etheses.uin-malang.ac.id/1484/6/11410112_Bab_2.pdf
  2. http://pendidikanabk.blogspot.com/2012/07/konsep-dasar-anak-berkebutuhan-khusus.html





anak berkebutuhan khusus adalah
anak berkebutuhan khusus pdf
anak berkebutuhan khusus tunanetra
anak berkebutuhan khusus gifted
anak berkebutuhan khusus bahasa inggris
anak berkebutuhan khusus lamban belajar
anak berkebutuhan khusus disebut
anak berkebutuhan khusus adhd
anak berkebutuhan khusus adalah pdf
anak berkebutuhan khusus artinya
anak berkebutuhan khusus apa saja
anak berkebutuhan khusus add
anak berkebutuhan khusus anak usia dini
anak berkebutuhan khusus abk
anak berkebutuhan khusus berprestasi
anak berkebutuhan khusus bahasa inggrisnya
anak berkebutuhan khusus berbakat
anak berkebutuhan khusus buku
anak berkebutuhan khusus bersifat sementara
anak berkebutuhan khusus bisa bersekolah di sekolah umum
anak berkebutuhan khusus biasanya bersekolah di
anak berkebutuhan khusus cerebral palsy
anak berkebutuhan khusus cara membantu mereka agar berhasil dalam pendidikan inklusif
anak berkebutuhan khusus cp
makalah anak berkebutuhan khusus cerebral palsy
ciri anak berkebutuhan khusus
contoh anak berkebutuhan khusus
ciri2 anak berkebutuhan khusus
cerita anak berkebutuhan khusus
sekolah anak berkebutuhan khusus di cibubur
anak berkebutuhan khusus disleksia
anak berkebutuhan khusus dalam islam
anak berkebutuhan khusus doc
anak berkebutuhan khusus dalam pandangan islam
anak berkebutuhan khusus di sekolah umum
disabilitas dan anak berkebutuhan khusus
gereja dan anak berkebutuhan khusus
sekolah autis dan anak berkebutuhan khusus (abk) baitul qur'an
anak berkebutuhan khusus ebook
sekolah anak berkebutuhan khusus ephphatha indonesia kota bks jawa barat
anak berkebutuhan khusus smart-eureka kota depok jawa barat
sekolah anak berkebutuhan khusus ephphatha indonesia
anak berkebutuhan khusus tipe e
rumah belajar anak berkebutuhan khusus east jakarta city jakarta
bimatera pusat terapi anak berkebutuhan khusus east jakarta city jakarta
evaluasi anak berkebutuhan khusus
ebook anak berkebutuhan khusus
film anak berkebutuhan khusus
faktor anak berkebutuhan khusus
foto anak berkebutuhan khusus
fenomena anak berkebutuhan khusus
fasilitas anak berkebutuhan khusus
format anak berkebutuhan khusus
pendidikan anak berkebutuhan khusus di finlandia
fakta anak berkebutuhan khusus
fungsi anak berkebutuhan khusus
pendidikan anak berkebutuhan khusus di filipina
anak berkebutuhan khusus tuna grahita
gambar anak berkebutuhan khusus
guru anak berkebutuhan khusus
karakteristik anak berkebutuhan khusus dan gangguan perkembangan
gangguan anak berkebutuhan khusus
golongan anak berkebutuhan khusus
gizi anak berkebutuhan khusus
gejala anak berkebutuhan khusus
makalah anak berkebutuhan khusus hiperaktif
anak berkebutuhan khusus menurut heward
kenapa anak berkebutuhan khusus harus dikelompokkan
hakikat anak berkebutuhan khusus
hak anak berkebutuhan khusus
hadits anak berkebutuhan khusus
homeschooling anak berkebutuhan khusus
hakikat anak berkebutuhan khusus pdf
hambatan anak berkebutuhan khusus
anak berkebutuhan khusus indigo
anak berkebutuhan khusus inklusi
anak berkebutuhan khusus membunuh ibunya
anak berkebutuhan khusus jurnal pdf
anak berkebutuhan khusus jenis
sekolah anak berkebutuhan khusus jakarta timur
sekolah anak berkebutuhan khusus jakarta barat
panti anak berkebutuhan khusus jakarta
pengertian anak berkebutuhan khusus jurnal
sekolah anak berkebutuhan khusus jogja
sekolah anak berkebutuhan khusus jakarta selatan
sekolah anak berkebutuhan khusus jakarta
klasifikasi anak berkebutuhan khusus
karakteristik anak berkebutuhan khusus
kategori anak berkebutuhan khusus
kurikulum anak berkebutuhan khusus
konsep anak berkebutuhan khusus
anak berkebutuhan khusus slow learner
sekolah anak berkebutuhan khusus lowongan
layanan anak berkebutuhan khusus
laporan anak berkebutuhan khusus
logo anak berkebutuhan khusus
lembaga anak berkebutuhan khusus
les anak berkebutuhan khusus
lagu anak berkebutuhan khusus
literasi anak berkebutuhan khusus
anak berkebutuhan khusus menurut
anak berkebutuhan khusus masuk sekolah umum
anak berkebutuhan khusus makalah
anak berkebutuhan khusus membunuh
anak berkebutuhan khusus menurut pp no 17 tahun 2010
anak berkebutuhan khusus tuna netra
jurnal anak berkebutuhan khusus tuna netra
nama anak berkebutuhan khusus
nama lain anak berkebutuhan khusus
nama penyakit anak berkebutuhan khusus
novel tentang anak berkebutuhan khusus
perbedaan anak berkebutuhan khusus dengan anak normal
observasi anak berkebutuhan khusus
olahraga anak berkebutuhan khusus
organisasi anak berkebutuhan khusus
kategori anak berkebutuhan khusus menurut ormrod
obat anak berkebutuhan khusus
terapi okupasi anak berkebutuhan khusus
orang tua anak berkebutuhan khusus
komunitas orangtua anak berkebutuhan khusus
olahraga untuk anak berkebutuhan khusus
anak berkebutuhan khusus permanen
anak berkebutuhan khusus pdf jurnal
anak berkebutuhan khusus psikologi pendidikan
anak berkebutuhan khusus pengertian
anak berkebutuhan khusus paud
anak berkebutuhan khusus psikologi
anak berkebutuhan khusus dalam al quran
quotes anak berkebutuhan khusus
quote anak berkebutuhan khusus
quotes tentang anak berkebutuhan khusus
quotes untuk anak berkebutuhan khusus
quote tentang anak berkebutuhan khusus
quote untuk anak berkebutuhan khusus
al quran tentang anak berkebutuhan khusus
anak berkebutuhan khusus rm
anak berkebutuhan khusus tuna rungu
rpp anak berkebutuhan khusus
rpph anak berkebutuhan khusus
raport anak berkebutuhan khusus
resume anak berkebutuhan khusus
rumah anak berkebutuhan khusus
rangkuman anak berkebutuhan khusus
relawan anak berkebutuhan khusus
anak berkebutuhan khusus secara fisik
anak berkebutuhan khusus selain disabilitas
anak berkebutuhan khusus sekolah di sekolah umum
anak berkebutuhan khusus speech delay
anak berkebutuhan khusus surabaya
anak berkebutuhan khusus skripsi
anak berkebutuhan khusus sukses
anak berkebutuhan khusus sd
anak berkebutuhan khusus tunadaksa
anak berkebutuhan khusus tuna wicara
jurnal anak berkebutuhan khusus tunagrahita
jurnal anak berkebutuhan khusus tunarungu
anak berkebutuhan khusus ut
pendidikan anak berkebutuhan khusus ut
soal anak berkebutuhan khusus ut
modul anak berkebutuhan khusus ut
tahap perkembangan anak berkebutuhan khusus usia dini
soal pendidikan anak berkebutuhan khusus ut
modul pendidikan anak berkebutuhan khusus ut
sekolah untuk anak berkebutuhan khusus
doa untuk anak berkebutuhan khusus
pesantren untuk anak berkebutuhan khusus di jawa barat
pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus
keterampilan untuk anak berkebutuhan khusus
pesantren untuk anak berkebutuhan khusus
motivasi untuk anak berkebutuhan khusus
makanan untuk anak berkebutuhan khusus
permainan untuk anak berkebutuhan khusus
video anak berkebutuhan khusus
volunteer anak berkebutuhan khusus
video anak berkebutuhan khusus yang berprestasi
vitamin anak berkebutuhan khusus
keterampilan vokasional anak berkebutuhan khusus
vitamin untuk anak berkebutuhan khusus
video motivasi anak berkebutuhan khusus
download video anak berkebutuhan khusus
video pembelajaran anak berkebutuhan khusus
anak berkebutuhan khusus wikipedia
anak berkebutuhan khusus menurut who
wawancara anak berkebutuhan khusus
definisi anak berkebutuhan khusus menurut who
workshop anak berkebutuhan khusus
walker anak berkebutuhan khusus
wajah anak berkebutuhan khusus
website anak berkebutuhan khusus
anak berkebutuhan khusus yang bersifat permanen
anak berkebutuhan khusus yang bersifat temporer
anak berkebutuhan khusus yaitu
sekolah anak berkebutuhan khusus yplb kota sby jawa timur
10 anak berkebutuhan khusus
12 macam anak berkebutuhan khusus
pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 1
icd 10 anak berkebutuhan khusus
184 ribu anak berkebutuhan khusus
resume pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 1
rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 1
makalah pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 1
modul 1 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 1 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 1 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
ringkasan modul 1 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
makalah modul 1 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
skripsi anak berkebutuhan khusus 2010
seminar anak berkebutuhan khusus 2019
seminar anak berkebutuhan khusus 2018
pendidikan anak berkebutuhan khusus 2013
lowongan guru anak berkebutuhan khusus 2017
modul 2 pengantar anak berkebutuhan khusus
modul 2 pendidikan anak berkebutuhan khusus
modul 2 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 2 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
modul 2 hakikat pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 2 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
makalah modul 2 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
makalah anak berkebutuhan khusus modul 3
pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 3
3 jenis anak berkebutuhan khusus
modul 3 anak berkebutuhan khusus
3 contoh anak berkebutuhan khusus
rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 3
makalah pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 3
resume pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 3
modul 3 pendidikan anak berkebutuhan khusus
modul 3 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 3 pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 3 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 3 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
ringkasan modul 3 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 4
modul 4 anak berkebutuhan khusus
rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 4
makalah pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 4
resume pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 4
modul 4 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 4 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 4 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
makalah modul 4 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
5 jenis anak berkebutuhan khusus
pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 5
5 kategori anak berkebutuhan khusus
5 klasifikasi anak berkebutuhan khusus
makalah pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 5
rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 5
resume pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 5
makalah pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 5
modul 5 pendidikan anak berkebutuhan khusus
jenis anak berkebutuhan khusus
modul 5 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 5 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
makalah modul 5 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 5 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 6
rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 6
kisah seorang guru anak berkebutuhan khusus tema 6 kelas 4
resume pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 6
makalah pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 6
kisah seorang guru anak berkebutuhan khusus tema 6
modul 6 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 6 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 6 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 7
7 ciri anak berkebutuhan khusus
7 tanda anak berkebutuhan khusus
pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 7
modul 7 anak berkebutuhan khusus
rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 7
makalah pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 7
resume pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 7
rangkuman modul 7 anak berkebutuhan khusus
modul 7 pendidikan anak berkebutuhan khusus
modul 7 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 7 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 7 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
makalah modul 7 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 8
modul 8 anak berkebutuhan khusus
rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 8
makalah pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 8
resume pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 8
modul 8 pendidikan anak berkebutuhan khusus
modul 8 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 8 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 8 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
makalah anak berkebutuhan khusus modul 9
pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 9
9 jenis anak berkebutuhan khusus
modul 9 anak berkebutuhan khusus
rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 9
makalah pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 9
resume pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 9
modul 9 mendidik anak berkebutuhan khusus di sd biasa
modul 9 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
rangkuman modul 9 mendidik anak berkebutuhan khusus di sd biasa
makalah modul 9 mendidik anak berkebutuhan khusus di sd biasa
rangkuman modul 9 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
ringkasan modul 9 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus
resume modul 9 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus

Post a comment

0 Comments