Subscribe Us

2 Terapi Untuk Mengatasi Anak Terlambat Bicara

2 Terapi Untuk Mengatasi Anak Terlambat Bicara


2 Terapi Untuk Mengatasi Anak Terlambat Bicara


DISKUSIKEHIDUPAN.com - Sejatinya semakin dini kita mengetahui adanya gangguan-gangguan bicara anak semakin dini pula anak dapat ditangani. Dengan demikian semakin bagus pula kemungkinan membaiknya. Untuk penanganan gangguan bicara, semuanya tergantung pada hasil diagnosa untuk menjadi sebab utama atau dasar gangguan bicara pada anak. 

Contoh, anak yang mengalami gangguan pendengaran, jika diberi alat bantu dengan maka perkembangan bicaranya akan segera teratasi. Sebaiknya, jika terdapat anak dengan MSDD atau autis mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penanganannya.


Cara penanganan lain yang bisa dilakukan adalah dengan terapi. Terapi dilakukan secara bertahap, berkesinambungan dan memerlukan waktu yang cukup lama. Terapi itu meliputi:

Pertama, Terapi Bahasa. Terapi ini dilakukan dengan memberi latihan berupa latihan pendorong perilaku dan praktik dengan fonem (unit suara), perbendaharaan kata, dan penyusunan kalimat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah kosa kata.

Kedua, Konseling Parental. Konseling ini ditujukan untuk orangtua guna memberikan dorongan-dorongan positif supaya ketegangan keluarga yang timbul akibat kesulitan dalam membesarkan anak dengan gangguan bicara dan untuk meningkatkan kesadaran serta pengertian mereka tentang gangguan yang diderita anaknya.



Post a comment

0 Comments