Subscribe Us

SERI ANAK MANDIRI (#3) : Melatih Kemandirian Anak Usia 2-6 Tahun





SERI ANAK MANDIRI (#3) : Tips Melatih Kemandirian Anak Usia 2-6 Tahun

Hai Sahabat, kita akan melanjutkan pembahasan tentang SERI ANAK MANDIRI. Setelah sebelumnya kita menyamakan persepsi tentang terma kemandirian anak dan mendiskusikan tentang strategi menumbuhkan kemandirian bagi anak usia kurang dari dua tahun, kini kita akan membahas tentang tips melatih kemandirian anak usia 2 s.d. 6 tahun.

BACA JUGA : SERI ANAK MANDIRI (#2) : Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Di Bawah 2 Tahun

Okay, pada bagian berikut ini, akan disajikan tips melatih kemandirian anak usia 2-6 tahun. Sajian tips berikut ini terdiri dari kegiatan dan tata cara melakukannya.




Pertama, Melatih anak untuk buang air besar/kecil

Ajarkan pada anak untuk mengkomunikasikan keinginannya buang air. Antar anak segera ke kamar kecil ketika ia mengatakan ingin buang air. Beri pujian jika ia mengatakan keinginanya buang air.

Kedua, Ajarkan anak untuk bertanggung jawab atas barang-barang miliknya

Biasakan anak untuk membawa atas dan perlengkapan sekolahnya sendiri. Jika anda bepergian ke luar kota, beri anak tas untuk barang-barangnya sendiri. Dampingi anak saat memilih pakaian yang akan dibawanya. Beri tugas pada anak untuk membereskan dan menyimpan barang-barang miliknya.

BACA JUGA : SERI ANAK MANDIRI (#1) : Mendidik Anak Mandiri Sejak Dini Tanpa Tragedi

Ketiga, Mandi dan membersihkan diri secara mandiri

Ajari anak untu membuka dan mengenakan pakaian, celana, dan sepatunya sendiri. Ajarkan anak untuk dapat mandi atau membersihkan dirinya sendiri. Beri pujian bagi anak jika ia melakukan hal yang benar. Jangan mencela anak atas hasil akhir yang kurang sempurna.

Keempat, Memilih pakaian sesuai dengan waktu dan acara yang dihadiri

Beri anak kepercayaan untuk memilih pakaian yang akan dikenakan. Jangan cela pilihan baju anak anda. Puji anak atas pilihan yang benar.

Kelima, Mengenal dan menghargai waktu


Ajarkan anak untuk mengenal jam. Ajarkan anak untuk mengenal nama-nama hari dan bulan. Jam dan kalender akan memperkenalkan konsep waktu yang masih abstrak bagi anak. Pada tahap awal memasuki dunia sekolah, biasakan anak datang tepat waktu. Tunjukkan kepada anak bahwa Anda juga berusaha untuk selalu tepat waktu.

Keenam, Belajar mengakui kesalahan dan meminta maaf jika melakukan kesalahan

Orangtua harus memberi contoh pengakuan atas kesalahan dan permintaan maaf secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Orangtua juga harus mengajarkan anak dengan lembut untuk meminta maaf pada teman atau saudara jika ia melakukan kesalahan di depan orangtua. Jangan memintakan maaf anak kepada orang lain. Jika anak mencoba mengelak, tahan emosi anda, dan ajak dia bicara.




Ketujuh, Ajari anak merapikan tempat tidurnya sendiri


Doronglah mereka untuk membereskan sendiri tempat tidurnya setelah bangun. Mulai dengan pekerjaan sederhana seperti mematikan lampu dan AC sebelum keluar ruangan dan merapikan bantal serta guling. Ajari juga cara melipat selimut dan seterusnya.

BACA JUGA : Penting ! Orangtua Wajib Paham Tugas Perkembangan Anak

Kedepalan, beri anak kesempatan untuk menentukan pilihannya sendiri

Anda dapat memberikan 3-4 pilihan baju/buku yang diperlukan, beri ia waktu untuk memilih satu. Tunjukkan pada anak kalau anda menghargai pilihannya, sejauh itu sesuai dengan kebutuhannya. Anda dapat berterus terang mengenai anggaran yang anda siapkan.

Kesembilan, Biarkan anak mengambil bagian dalam pekerjaan rumah tangga

Ajak anak untuk mencuci motor/mobil keluarga. Berdayakan anak untuk mengambil tugas-tugas kecil seperti menyiram tanaman.

Kesepuluh, Ajak anak belajar menabung

Ajak anak anda ke bank untuk membuka tabungan atas namanya sendiri. Dorong anak untuk menyisihkan uang jajan. Ajak anak untuk menempelkan gambar barang yang diinginkannya di kamar, hal ini untuk memotivasi anak untuk menabung.

Kesebelas, Dorong anak untuk berani menerima tanggung jawab di luar rumah






Jika anak mendapat tugas piket kebersihan kelas, ingatkan ia untuk datang lebih pagi. Dorong anak agar mau terlibat dalam berbagai acara. Beri perhatian pada anak mengenai tugas-tugasnya.

Kedua Belas, Belajar mengetahui yang baik dan buruk

Jangan hanya melarang anak, beri anak pemahaman dan alasan. Beli dan baca bersama-sama buku-buku bacaan dengan nilai moral yang baik. Dan yang utama, berilah teladan yang baik bagi anak.

BACA JUGA : Bakat Bukan Takdir



Ketiga Belas, Beri pujian atas kemandirian dan tanggungjawabnya

Anda dapat mengatakannya secara verbal. Jangan menunda pujian untuk anak. Katakan pujian anda dengan tulus.

Keempat Belas, Jadilah manusia yang bertanggung jawab

Jadilah ayah dan bunda yang bertanggung jawab, bagilah waktu untuk pekerjaan dan anak. Hadirilah acara-acara penting bagi anak. Dampingi anak melalui masa-masa sulit mereka. Jadilah anggota masyarakat yang bertanggung jawab, taatilah hukum.

Kelima Belas, Bina hubungan erat antara orangtua dan anak

Berbicaralah kepada anak tentang apa yang anda lakukan, dengan siapa anda bertemu hari itu, dan minta anak bercerita tentang harinya. Luangkan waktu untuk kegiatan dan acara keluarga. Pilihlah buku-buku yang dapat dibaca bersama-sama.

parenting tips mendidik anak mandiri seri anak mandiri usia 2 tahun 3 tahun 4 tahun 5 tahun 6 tahun balita #anakmandiri #Anak #anakhits #anakjajan #anakinskywalker #anakindonesia #Anakin #anakhitskekinian #anakikutikutan #anakkopi #AnakMuda #anakgaul #anakkekinian #anakhitz #anakjalanan #anakpintar #anakanak #anaksehat #anakhitsbanget #anaklangit #anakmedan #anaksekolahan #anaksholeh #anakasi #anakjamansekarang #anaklucu #anaksma #anakkuliner #anakteknik #anakband #anakcerdas








Post a comment

0 Comments