Subscribe Us

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 Segera Digelar, Ini Rangkaian Kegiatannya

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 Segera Digelar, Ini Rangkaian Kegiatannya
Logo Pekan Kebudayaan Nasional tahun 2019


Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 Segera Digelar, Ini Rangkaian Kegiatannya


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pada 7 s.d 13 Oktober 2019. PKN merupakan rangkaian aktivitas kebudayaan yang bergerak dari desa sampai ke ibu kota. PKN menjadi wujud implementasi untuk menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya dan mendorong interaksi budaya untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif.

Tema PKN 2019 adalah "Ruang Bersama Indonesia Bahagia." Tema tersebut mengacu pada stanza kedua lagu Indonesia Raya tiga Stanza, yakni "Marilah kita Mendo'a, Indonesia Bahagia". Hal ini juga seirama dengan pidato Presiden Joko Widodo pada penutupan Kongres Kebudayaan Indonesia beberapa waktu yang lalu, bahwa inti dari kebudayaan adalah kegembiraan.

BACA JUGA : Kebiri Kimia Bagi Predator 9 Bocah di Mojokerto


Pada penyelenggaraan PKN 2019, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah kompetisi permainan rakyat, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa, dan pawai budaya.


KONFERENSI PEMAJUAN KEBUDAYAAN

Berbagai isu aktual seputar perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, serta pembinaan terhadap Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) akan dibahas dalam konferensi PKN 2019. Secara spesifik, terdapat lima belas isu yang akan dibicarakan dalam konferensi, di antaranya isu sastra adaptasi, kearifan lokal ekologi sebagai sumber daya pemajuan kebudayaan, jalur rempah, paradoks budaya 4.0, etno astronomi, kebaya talk, dan masih banyak lagi.




PERGELARAN KARYA BUDAYA BANGSA

Pergelaran karya budaya bangsa dipersembahkan untuk mewadahi ekpresi dan eksplorasi kreatif dari para pelaku budaya dalam bentuk tari, musik, monolog, dan rupa pertunjukan seni lainnya. Tema yang diangkat dalam pergelaran karya budaya adalah “Merawat dan Meruwat Indonesia: Menjenguk DNA Budaya Nusantara”.

KOMPETISI PERMAINAN RAKYAT

Beragam kompetisi permainan rakyat berbasis OPK dari berbagai daerah akan ditampilkan dalam PKN, seperti permainan tradisional gobak sodor, terompah panjang, egrang, lari balok, dan lain-lain. Semua permainan tradisional ini juga dapat dimainkan oleh para pengunjung yang hadir dalam PKN 2019.

EKSHIBISI KEBUDAYAAN

Ekshibisi kebudayaan akan dipenuhi informasi kekayaan budaya yang hadir dari 34 provinsi di Indonesia, wastra nusantara, warisan budaya tak benda, hingga warisan dunia. Tak sekedar informasi, dalam ruang pameran juga akan diperlihatkan bagaimana bentuk dan rupa dari kultur perkayuan, seni rupa, wayang daun, pemutaran film, hingga capaian pemajuan kebudayaan.

PAWAI BUDAYA: PARADE DIGDAYA NUSANTARA

Parade Digdaya Nusantara menjadi tema yang diangkat dalam agenda pawai. Pawai budaya menjadi penutup dari rangkaian PKN 2019, dan akan dimeriahkan oleh ribuan pengisi acara yang menggunakan kostum adat tradisional.


Keyword : pekan kebudayaan nasional 2019 kemendikbud budaya #IndonesiaBahagia




Post a comment

0 Comments