Subscribe Us

Memahami Multiple Intelligences Research (MIR) Ala Munif Chatib #1

Buku Semua Anak Bintang Karya Munif Chatib
Memahami Multiple Intelligence Research (MIR) Ala Munif Chatib #1


MUNIF CHATIB, adalah konsultan pendidikan dan penulis terkemuka di Indonesia. Buku-buku karyanya selalu menjadi best seller, seperti Sekolahnya Manusia (2009), Gurunya Manusia (2010), Orangtuanya Manusia (2012), Sekolah Para Juara (2012), Kelasnya Manusia (2013), Bella: Sekolah Tak Perlu Air Mata (2015), Semua Anak Bintang (2017), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Munif juga telah membantu berbagai sekolah, mulai dari kelompok bermaik hingga sekolah menengah atas di seluruh penjuru Indonesia, melalui berbagai kegiatan pelatihan, workshop, seminar, dan lainnya. 


Salah satu buku karya Munif Chatib adalah Semua Anak Bintang, Menggali Kecerdasan dan Bakaat Terpendam dengan Multiple Intelligences Research (MIR). Dalam artikel kali ini, penulis ingin berbagi sedikit ilmu yang ada dalam buku itu, yaitu seputar manfaat Multiple Intelligences Research (MIR) bagi siswa, guru, orangtua, dan sekolah. Apa yang akan ditulis disini bersumber dari buku tersebut, yang dikutip dari salah satu bab yang ada. Jika pembaca ingin mengetahui seluruh isi buku inspiratif itu, silakan membeli di toko-toko buku terdekat, atau secara online juga banyak sekali pelapak yang menjajakan.

Multiple Intelligences Research (MIR) adalah sebuah riset untuk memahami kecenderungan kecerdasan seorang anak. Multiple Intelligences Research (MIR) adalah hasil pengembangan teori Multiple Intelligences yang dikembangkan oleh Howard Gardner, seorang psikolog modern, pada 1983 di Harvard University. Gardner mengatakan bahwa kita sebagai orangtua atau guru, jangan terburu-buru mengatakan anak kita lemah, bodoh, dan tidak mampu. Ternyata, setiap manusia memiliki banyak kecenderungan kecerdasan, tak hanya terbatas pada satu atau dua kecerdasan. Setiap anak berpotensi untuk cerdas bahasa, cerdas angka, cerdas gambar, cerdas gerak, cerdas bergaul, cerdas diri, cerdas musik, dan cerdas alam.







Munif Chatib melanjutkan tulisannya bahwa setiap kecenderungan menjadi potensi bakat anak-anak. Multiple Intelligences Research (MIR) adalah alat riset yang akan mengetahui potensi setiap kecerdasan anak kita. Ternyata, kecerdasan seorang anak tidak dapat dinilai dari alat tes apa pun. Penelitian terbaru mengatakan bahwa kecerdasan seorang anak dapat diketahui dari kebiasaan anak tersebut. Kebiasaan adalah perilaku yang diulang-ulang. Kebiasaan tersebut bersumber pada dua hal, yaitu bahwa anak tersebut terbiasa kreatif dan bagaimana anak tersebut terbiasa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Munif Chatib pernah melakukan penelitian sejak tahun 2000 hingga 2002 untuk mengukur kecenderungan kecerdasan seseorang yang berada di Indonesia. Hasil penelitian itu menjadi instrumen penyusunan MIR Indonesia. Pada 2003, MIR Indonesia pertama kali diumumkan, dan pada 11 September 2007, didaftarkan hak ciptanya ke Departemen Hukum, dan HAM RI. Akhirnya, surat Hak Cipta disetujui dan dikeluarkan pada 25 Maret 2009, dengan nomor hak cipta C10200700017. 

Hasil Multiple Intelligences Research (MIR), terdiri dari dua bagian besar, yakni (1) melaporkan kondisi kecenderungan kecerdasan seseorang, mulai yang dominan sampai yang rendah. Laporan ini secara mudah didesain dalam bentuk tabel dan grafik dengan poin skala 1 sampai 5. Teknik pelaporan hasil Multiple Intelligences Research (MIR) terdapat pada buku Seua Anak Bintang karya Munif Chatib; (2) menunjukkan aktivitas yang disarankan, baik untuk siswa sendiri, guru, dan orangtua.


Penerapan MIR di sekolah
Penerapan Multiple Intelligences Research (MIR) di sekolah
Hasil Multiple Intelligences Research (MIR), jika diaplikasikan, akan menjadi laporan yang hidup, tidak mati menjadi lembara-lembaran data yang tersimpan di lemari arsip sampai berdebu. siswa, guru, dan orangtua akan selalu menggunakannya pada banyak kesempatan interaksi.

Multiple Intelligences Research (MIR) yang diterapkan di sebuah sekolah akan berguna dan menadi informasi yang berharga bagi tiap guru. Hasil Multiple Intelligences Research (MIR) menjadi database yang sangat berharga untuk guru dan sekolah.
Hasil Multiple Intelligences Research (MIR) menjadi data base yang sangat berharga untuk guru dan sekolah. Munif Chatib [2017]
Lalu, apa manfaat Multiple Intelligences Research (MIR) untuk siswa, guru, orangtua, dan sekolah? Berikuat ulasan manfaat Multiple Intelligences Research (MIR) yang ditulis oleh Munif Chatib:

a. Mengetahui gaya belajar siswa

Kecenderungan kecerdasan yang dipunyai oleh setiap anak menunjukkan bagaimana gaya belajar anak tersebut. Apabila guru mengetahui gaya belajar siswanya dengan Multiple Intelligences Research (MIR), maka guru akan dengan mudah menyamakan gaya gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa. Sehingga, bagi siswa, tidak ada pelajaran yang sulit. Bidang studi apa pun akan dirasakan mudah oleh siswa sebab disampaikan sesuai dengan gaya belajar siswa tersebut.

b. Pembagian kelas (class mapping)

Hasil Multiple Intelligences Research (MIR) dapat menjadi pedoman sekolah untuk melakukan pembagian kelas, pada seolah yang memiliki pararel lebih dari satu kelas. Selama ini, kebanyakan pedoman pembagian kelas berdasarkan peringkat nilai kognitif atau urutan alfabet. Hasil Multiple Intelligences Research (MIR) membantu pembagian kelas berdasarkan persamaan gaya belajar siswa-siswanya. Guru akan dengan mudah memilih metode mengajar yang sesuai dengan gaya belajar siswa-siswanya dalam sebuah kelas.

c. Mendesain metode mengajar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Umumnya, kesulitan guru menulis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah menemukan metode mengajar yang sesuai untuk beberapa kelas yang bervariasi. hasil Multiple Intelligences Research (MIR) menjadi bahan analisis memilih metode yang tepat. Jika metode mengajar mengajar tepat, maka hasil belajar akan sesuai dengan yang diharapkan kedua pihak. Hasil Multiple Intelligences Research (MIR) akan menuntut guru untuk mencoba banyak metode yang diharapkan sesuai dengan gaya belajar siswa dalam sebuah kelas. jika sekolah hanya punya satu kelas, maka hasil Multiple Intelligences Research (MIR) akan menadi dasar guru melalukan "grouping" atau pendakatan individu siswanya. 

Kemudian, apa manfaat Multiple Intelligences Research (MIR) bagi orangtua? Menurut Munif Chatib, hasil Multiple Intelligences Research (MIR) memberikan informasi kepada orangtua tentang beberapa hal penting, antara lain :

  • orangtua mengetahui potensi kecerdasan naknya dari banyak kecerdasan, sehingga orangtua memiliki keyakinan bahwa anaknya adalah anak yang pandai dan berpotensi.
  • orangtua akan mengetahui bakat-bakat terpendam anaknya, yang diharapkan bisa dikembangkan.
  • orangtua mengetahui cara dan pola pendekatan komunikasi kepada anak-anaknya.
  • orangtua mengetahui kegiatan-kegiatan kreatif yang disarankan dilakukan bersama anaknya.
  • orangtua mengetahui jenis-jenis permainan yang sesuai dengan kecenderungan kecerdasan anaknya, sehigga terus dapat mengembangkan lebih baik.

Demikian tulisan singkat tentang Multiple Intelligences Research (MIR) ala Munif Chatib #1. Insya Allah tulisan akan dilanjutkan dalam beberapa tema spesifik pada #2, dan #3. Semoga bermanfaat.

Parenting Multiple Intelligence Research (MIR) Munif Chatib, Multiple Intelligence Research adalah


Post a comment

0 Comments