Subscribe Us

Kisah Perjuangan Dian Sastro Menyembuhkan Autisme Anak Sulungnya

Kisah Perjuangan Dian Sastro Menyembuhkan Autisme Anak Sulungnya

Kisah Perjuangan Dian Sastro Menyembuhkan Autisme Anak Sulungnya


Baru-baru ini tersiar kabar bahwa artis Dian Sastrowardoyo telah berkisah tentang tentang perjuangannya dalam menyembuhkan anak sulungnya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo yang didiagnosa autisme sejak bayi. Kisah itu ia tuturkan dalam even Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 di Jakarta Convention Centre, Komplek Gelora Bung Karno, Jumat (23/8/2019) kemarin.

Dian Sastro bertutur tentang upayanya untuk kesembuhkan putra pertamanya itu. Suaminya, Maulana Indraguna Sutowo, sempat menyangkal bahwa putra sulung mereka didiagnosis mengidap autisme. Hal ini berdampak sang suami sempat tidak mendukung ikhtiyar Dian Sastro memberikan terapi kepada sang buah hati.

Menurut Dian, pada tahun-tahun awal ciri-ciri autisme pada anaknya sangat kental. Berbekal instingnya sebagai ibu, ia terus memberikan terapi bagi putranya. Anak sulungnya itu kini akhirnya sudah bisa bersosialisasi dengan normal.

Kecurigaan Dian jika anaknya adalah anak berkebutuhan khusus berawal saat putranya masuk usia enam bulan namun tak menunjukkan ketertarikan pada lingkungan sekitar. Kemudian, alih-alih menggunakan jarinya sendiri, putranya itu harus 'meminjam' tangan Dian jika ingin menunjukkan sesuatu.

Lebih lanjut Dian sempat berfikir anaknya memang antisosial karena suaminya juga enggak terlalu banyak temannya. Selain itu, putra Dian juga jarang melakukan kontak mata dengannya. Beberapa fakta itu menjadikan Dian merasa yakin bahwa anaknya menderita autisme.




Belajar dari pengalamannya itu, Dian pun mengajak para ibu untuk percaya pada instingnya dan memeriksakan anak mereka pada ahli bila memiliki tanda-tanda autisme. Dian juga mengajak orang tua yang memiliki anak dengan autisme untuk tetap semangat memberikan terapi bagi anaknya karena proses kesembuhan yang dihasilkan sangat mungkin berbeda-beda.

Proses terapi yang dilakukan Dian untuk putranya dilakukan selama kurang lebih lima tahun, proses ini bisa jadi berbeda dengan anak lainnya, yang mungkin saja lebih lama atau bahkan bisa jadi lebih cepat.

Meskipun tidak mendapat dukungan dari suami, Dian Sastro tetap semanat memberikan terapi untuk putranya itu. Akhirnya, perjuangan Dian Sastro pun terbayar lunas dengan kesembuhan total putranya kini.




Post a comment

0 Comments