Subscribe Us

6 Tips Mencegah Kecanduan Game Pada Anak

6 Tips Mencegah Kecanduan Game Pada Anak


Sebagian orangtua, sering menjadikan gawai sebagai senjata ampuh untuk “menenangkan” anak saat ia rewel. Saat anak mengoperasikan gawai, terutama saat online, yang seringkali di akses adalah layanan video online seperti Youtube dan aplikasi game, baik yang online maupun offline.

Dalam satu perspektif, bermain game dapat berdampak positif bagi perkembangan anak, seperti dapat membantu meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah, koordinasi yang baik antara tangan dan mata, serta meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Namun demikian, kita harus proporsional dalam melihat dampaknya. Bukan hanya positif, namun juga negatifnya. Bermain game yang terlalu sering tentu saja bisa mengakibatkan kecanduan yang menimbulkan beragam risiko, termasuk terkait dengan kesehatan mental dan fisik anak.

BACA JUGA : [BAHAYA] KECANDUAN GAME DAPAT MENGAKIBATKAN GANGGUAN JIWA

Berikut ini adalah beberapa efek negatif yang diakibatkan oleh game, diantaranya adalah :


Pertama, Tidak baik untuk kesehatan: Terlalu sering bermain gim dapat meningkatkan risiko obesitas, melemahkan otot dan persendian, jari dan tangan mati rasa, serta menurunkan kualitas penglihatan; Kedua, Kemampuan akademik menurun; Ketiga, Memengaruhi moral anak: Kebanyakan gim diperuntukan untuk orang dewasa, sehingga terkadang di sana banyak ditemui hal-hal yang sebenarnya tidak pantas dilihat oleh anak. Apabila ia bermain tanpa pengawasan orangtua, maka nilai moral yang ia pelajari akan melenceng dari yang seharusnya; Keempat, Kemampuan sosial menurun; dan Kelima, Meningkatkan perilaku agresif.




Lalu, bagaimana caranya agar anak kita tidak mudah kecanduan game? Berikut adalah tips untuk mencegah kecanduan game yang patut dicoba :

Pertama, Saat anak masih dalam masa prasekolah, jangan biarkan ia bermain video game

Kedua, Berikan lebih banyak aktivitas di luar ruangan, seperti bermain bola atau ajarkan ia naik sepeda

Ketiga, Batasi screen time

Keempat, Cari kegiatan atau hobi yang disukai anak. Lakukanlah kegiatan tersebut bersama si kecil agar perhatiannya dari gawai bisa teralihkan

Kelima, Luangkan waktu lebih banyak dengan anak. Jangan sampai ia merasa lebih bahagia menghabiskan waktu dengan gawai hanya karena Anda terlalu sibuk bekerja

Keenam, Apabila anak rewel, jangan memberinya gawai sebagai cara menenangkan.


Post a comment

0 Comments