Subscribe Us

Merencanakan Kegiatan Bersama Keluarga Saat Cuti Bersama Idul Fitri

Merencanakan Kegiatan Bersama Keluarga Saat Cuti Bersama Idul Fitri

Bulan Ramadan 1440 telah memasuki minggu terakhir, dan Idul Fitri pun segera tiba. Berbagai persiapan telah dilaksanakan dalam menyambutkan hari raya umat Islam itu. Salah satu isu yang selalu menarik dan menjadi perbincangan masyarakat adalah tentang hari libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri.


Tak terkecuali pada tahun 2019 ini, isu tentang libur nasional dan cuti bersama idul fitri justru semakin ramai karena masa-masa cuti bersama idul fitri beriringan dengan dua hari libur nasional, yakni Kenaikan Isa Al Masih (30 Mei 2019), dan Hari Lahir Pancasila (1 Juni 2019).







Ketentuan libur nasional dan cuti bersama tahun 2019 mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), nomor 617/2018, 262/2018, dan 16/2018 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019.

SKB tersebut telah mengatur bahwa libur nasional Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 5-6 Juni 2019. Lalu, cuti bersama idul fitri 1440 H pada 3,4, dan 7 Juni 2019. Jumlah hari libur lebaran tahun ini juga bertambah karena pada tanggal 2, 8, dan 9 Juni 2019 adalah akhir pekan (Sabtu, dan Ahad).

BACA JUGA :


Yang menarik dari deretan tanggal liburan di atas, terdapat tanggal 31 Mei 2019 yang diapit oleh dua tanggal merah, yakni yakni Kenaikan Isa Al Masih (30 Mei 2019), dan Hari Lahir Pancasila (1 Juni 2019). Pada 31 Mei 2019, tidak ada ketetapan libur dalam SKB tiga menteri di atas, sehingga masih tetap masuk kerja pada hari itu.




Merencanakan Kegiatan Bersama Keluarga Saat Libur Nasional dan Cuti Bersama Idul Fitri


Setelah kita melakukan perhitungan hari libur nasional dan cuti bersama idul fitri di atas, ada juga isu menarik yang niscaya kita perhatikan. Isu tersebut adalah apa rencana kita untuk mengisi hari libur dan cuti bersama itu? Kegiatan yang tidak hanya untuk kita pribadi, tetapi untuk keluarga, khususnya untuk anak-anak kita.

Bagi orang tua yang setiap harinya disibukkan dengan tumpukan tugas dan pekerjaan sehingga waktu bersama keluarga menjadi sangat terbatas, maka hari libur dan cuti bersama akan menjadi momentum yang sangat berharga untuk merencakan quality time bersama keluarga.
Cuti bersama sejatinya tidak hanya kita maknai sebagai cuti yang diambil secara bersama-sama oleh seluruh karyawan/pegawai, namun juga berarti cuti yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga. Sehingga, seluruh anggota keluarga sementara waktu berhenti dari rutinitas hariannya dan mengerahkan sepenuh tenaga dan waktunya untuk kegiatan dan aktivitas bersama keluarga tercinta.

Jadi, sudahkah kita merencanakan kegiatan bersama keluarga saat libur nasional dan cuti bersama idul fitri tahun ini?  

Cuti bersama hari raya idul fitri 1440 H tahun 2019, apakah tanggal 31 Mei 2019 libur atau tidak jika sesuai dengan jadwal cuti bersama idul fitri berdasarkan keputusan bersama menteri tentang cuti bersama lebaran 2019



Post a comment

0 Comments