Subscribe Us

Ini Manfaat Permainan Edukatif Bagi Tumbuh Kembang Anak



Permainan Edukatif adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan menjadi cara atau alat pembelajaran. Permainan edukatif bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa, berpikir, dan bergaul dengan lingkungan. Selain itu, permainan edukatif juga bermanfaat untuk menguatkan dan membuat terampil anggota tubuh anak, dan mengembangkan kepribadian.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh para pakar, diperolah informasi bahwa bermain mempunyai manfaat besar bagi perkembangan anak. Bermain merupakan pengalaman belajar yang sangat berguna bagi anak. Misalnya, untuk memperoleh pengalaman dalam membina hubungan dengan sesama teman, menambah perbendaharaan kata, dan menyalurkan perasaan-perasaan tertekan.

Dengan mengetahui manfaat bermain, diharapkan bisa memunculkan gagasan seseorang tentang cara memanfaatkan kegiatan bermain untuk mengembangkan bermacam-macam aspek perkembangan anak, seperti : mengembangkan konsep diri, komunikasi, kreativitas, aspek fisik, motorik, sosial, emosi, kepribadian, kognisi, ketajaman penginderaan, keterampilan olah raga, dan menari.

Jika dipandang sebagai sebuah kegiatan bermain, permainan tidaklah memiliki tujuan yang tetap, Sebab, tujuan dari permainan lebih ditekankan pada pencapaian kesenangan dan kepuasan batin. Sedangkan jika ditinjau sebagai sebuah kegiatan mendidik, permainan harus dapat diarahkan untuk dapat menghasilkan perubahan sikap. Dengan bermain, diharapkan daya pikir, cipta, bahasa, keterampilan, dan jasmani anak-anak dapat berkembang maksimal.

Jika permainan edukatif dipandang sebagai sebuah metode atau cara mendidik yang menyenangkan, maka secara umum dapat dirumuskan tujuannya, yaitu :

  1. Untuk Mengembangkan Konsep Diri (Selft Concept)
  2. Untuk Mengembangkan Kreativitas
  3. Untuk Mengembangkan Komunikasi
  4. Mengembangkan Aspek Fisik dan Motorik
  5. Mengembangkan Aspek Sosial
  6. Mengembangkan Aspek Emosi atau Kepribadian
  7. Mengembangkan Aspek Kognisi
  8. Mengasah Ketajaman Penginderaan
  9. Mengembangkan Keterampilan Olah Raga dan Menari

Selain tujuan di atas, permainan edukatif juga dapat berfungsi sebagai berikut :
  1. Memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar.
  2. Merangsang pengembangan daya pikir, daya cipta, dan bahasa agar dapat menumbuhkan sikap, mental, dan akhlak yang baik,
  3. Menciptakan lingkungan bermain yang menarik, memberikan rasa aman, dan menyenangkan.
  4. Meningkatkan kualita pembelajaran anak-anak

Demikian tulisan pendek tentang manfaat permaian edukatif bagi tumbuh kembang anak, semoga bermanfaat

Post a comment

0 Comments