Subscribe Us

Untuk Para Guru, Yuk Pahami Anak Didik Kita dengan Sepenuh Hati!


Untuk Para Guru, Yuk Pahami Anak Didik Kita dengan Sepenuh Hati


Setiap anak didik layak dihargai dan ingin diakui keberadaannya. Mereka adalah mutiara yang sedang tumbuh berkembang, menuju bentuk sempurna dengan kilau keindahannya. Akselerasi pertumbuhan mereka beragam, kilaunya pun bervariasi, namun keindahannya tetaplah sama.

Peserta didik di sekolah sedang berproses berumbuh dan berkembang untuk menjadi dirinya sendiri. Apalagi kegiaa peserta didik menujukkan sikap dan prilaku yang baik, berprestasi maupun capaian-capain dari proses pembelajaran di sekolah.

Bahkan, lebih dari itu, peserta didik yang belum berprestasi atau belum menujukkan sikap dan prilaku baik pun membutuhkan pengakuan bahwa di sisi lain setiap peserta didik mempunyai bakat luar biasa yang belum terasah.

Peserta didik yang dianggap "bermasalah" sejatinya belum menemukan jati diri dan potensi dirinya, sehingga menyebabkan mereka terkesan tidak memiliki kemampuan. Hanya guru-guru yang mempunyai hati yang dapat menggali, mengenali dan menemukan mutiara-mutiara terpendam dari bakat setiap peserta didiknya. Ketika ditemui bakatnya dan diakui dengan tulus, maka potensi itu akan berkembang dengan pesat.

Ketika kita memberikan reward kepada peserta didik, sejatinya kita sedang meningkatkan semangat dan melatih rasa percaya diri mereka, sehingga berdampak pada peningkatan motivasi belajar. Dengan pemberian reward, peserta didik akan merasa senang karena keberadaanya atau upaya dalam belajarnya dihargai, dan mereka merasa dicintai dan diterima oleh gurunya.

Hal inilah yang membuat peserta didik menjadi lebih senang dan fokus ketika belajar. Sebagai guru, kita akan menjadi lebih mudah dalam membimbing dan mengajar mereka, kita akan sangat terbantu dalam mengkondisikan pembelajaran. Selain itu, peserta didikpun akan menjadi lebih dekat dengan gurunya. Bila mereka sudah dekat dengan gurunya, itu berarti mereka sudah memiliki rasa percaya dan nyaman terhadap guru dan tentu akan membuat mereka menjadi semakin lebih aktif dalam pembelajaran. Tugas kita sebagai guru akan lebih ringan karena sudah tumbuh rasa butuh untuk belajar dari diri mereka.

Dengan demikian, pemberian reward terhadap peserta didik menjadi sangat penting, karena dengan reward, peserta didik akan merasa lebih semangat belajar dan mereka akan disiplin menunggu waktu belajar tiba untuk pertemuan berikutnya. Mereka akan merindukan kehadiran kita untuk bertemu dengan kita lagi. Bahkan ketika di luar jam pelajaranpn mereka akan mencari kita sebagai guru untuk berbagi cerita dan bahkan meminta bantuan untuk menyelesaikan masalah mereka. Mengapa bisa terjadi demikian, karena mereka merasa dihargai, merasa nyaman sehingga tumbuh rasa percaya terhadap kita sebagai gurunya.

Post a comment

0 Comments